Muslim Jepang Penerjemah Alqur’an pertama

0

Walau tidak banyak yang tahu, sumbangsih muslim jepang satu ini bagi perkembangan penyebaran agama Islam di Jepang patut diapresiasi lho!

Namanya Umar Ryoichi Mita. Beliau lahir pada tahun 1892 dari keluarga samurai. Kontak pertamanya dengan agama islam adalah saat ia pergi ke Tiongkok setelah kelulusannya dari bangku perkuliahan. Dalam catatannya, beliau mengaku sangat kagum dengan gaya hidup orang Islam di Tiongkok dan bahkan beliau menulis sebuah artikel mengenai “Islam in China” dan diterbitkan di sebuah majalah Jepang.

muslim jepang

Kekaguman Mita berlanjut ketika pada tahun 1921, beliau bertemu dengan Yamaoka, seorang muslim Jepang pertama yang melakukan ibadah haji, dari sinilah perjalanan spiritualnya menjadikan dia seorang muslim pada tahun 1941.

Awal mula keinginannya melakukan penerjemahan Alquran adalah karena semua Alquran terjemahan Jepang diterjemahkan dari bahasa Inggris dan dilakukan oleh sarjana Jepang non Muslim. Beliau merasa pengaruh penerjemahan- penerjemahan ini ditakutkan menyebabkan kualitas penerjemahan menjadi kurang tepat.

Setelah perjuangan panjang selama 12 tahun, serta usaha melakukan kontak dengan para ulama di Mekah, Madinah, Jedah, serta berbagai tempat lain di Arab Saudi, akhirnya Alquran terjemahan pertamanya diterbitkan pada tahun 1972. Hal ini menjadi salah satu tonggak sejarah dalam perkembangan muslim Jepang.

Ojiisan
Laki-laki di penghujung duapuluhan yang menolak dianggap tua
Share.

About Author

Ojiisan

Laki-laki di penghujung duapuluhan yang menolak dianggap tua

Leave A Reply