Mangaka Memohon Orang-Orang untuk Membeli Komiknya

0

Industri Manga di Jepang memang besar, namun hal ini pulalah yang membuat dunia industri ini menjadi sangat keras khusunya pada mangaka. Apalagi yang menyangkut dengan angka penjualan dan keuntungan yang dihasilkan.

Walaupun nama- nama besar seperti Dragon Ball dan One Piece telah sangat populer dan meraup keuntungan, namun tidak sedikit juga yang akhirnya serialisasinya dihentikan karena kurang populer. Dan dengan populernya toko komik secondhand, manga cafe, scanlation ilegal dan menurunnya penjualan di luar negeri secara drastis, hal ini akan sangat terasa pada mangaka yang tidak populer.

Beberapa waktu yang lalu, seorang mangaka bernama Talow Okanishi mengunggah 4 buah gambar berisi cuitannya tentang betapa tidak populernya karyanya. Karya yang dimaksud adalah Desorde, sebuah manga dengan setting fantasy Eropa. Manga ini diserialisasikan di Gekkan Morning sejak akhir tahun lalu dan sayangnya, sepertinya tidak untuk waktu yang lama lagi.

Pada cuitan yang dia unggah beberapa hari yang lalu, dia mengumumkan bahwa penjualan volume pertama dari Desodre tidak berjalan lancar dan saking parahnya, manga ini terancam diakhiri serialisasinya. Pada cuitannya itu dia memohon kepada seluruh orang yang melihat untuk membeli manganya.

“Dengan sangat menyesal aku mengumumkan bahwa dikarenakan rendahnya penjualan volume satu dari Desodre yang rilis minggu lalu, serialisasi manganya di Gekkan Morning two, akan dibatalkan setelah 2 chapter ke depan.

Namun, jika penjualan volume satu setidaknya meningkat hingga dilakukan cetakan kedua, mungkin manga ini akan dipertimbangkan untuk dilanjutkan serialisasinya. Jika diantara kalian ada yang ingin serialisasi manga ini berlanjut, maka bolehkah aku mohon kepada kalian untuk membagikan tweet ini dan membantu mempromosikan manganya untukku?

Aku tahu ini sangat memalukan untukku, tapi aku pikir jika aku tidak mencoba apapun dan Desodre dihentikan serialisasinya, aku akan menyesali hal ini seumur hidupku.

Jika ternyata setelah ini volume 1 tetap tidak mendapatkan penjualan yang seharusnya, maka aku sadar jika masalahnya ada padaku dan manga ini sendiri dan aku akan menerima sepenuhnya pembatalan serialisasi ini.

Terima kasih atas bantuan kalian,
Talow Okanishi

Dunia industri apapun memang kejam ya!!

 

 

 

Ojiisan
Laki-laki di penghujung duapuluhan yang menolak dianggap tua
Share.

About Author

Ojiisan

Laki-laki di penghujung duapuluhan yang menolak dianggap tua

Leave A Reply