Jawaban untuk Pertanyaan Seputar Hobi di Jepang

0

Apakah kalian pernah merasa sulit dan awkward saat menjawab pertanyaan seputar hobi oleh orang yang baru ditemui?

Bagi orang Jepang masalah ini sering sekali terjadi. Kebanyakan orang akan merasa kesulitan dengan jawaban apa yang harus diberikan apabila mendapat pertanyaan “hobimu apa?”. Bagi masyarakat yang masih berusia 20-30 an mungkin bisa menggunakan alasan sibuk bekerja atau kuliah. Namun masalah ini kebanyakan dihadapi oleh masyarakat yang telah berusia 50 tahunan?

Salah satu media online Jepang, Oshiete Goo melakukan sebuah penelitian mengenai jawaban apa yang tepat apabila mendapatkan pertanyaan seputar hal apa yang mereka sukai untuk dilakukan. Berikut adalah hasilnya :

1. Hobi yang sulit dikatakan tergantung bagaimana kalian mengatakannya

Ada beberapa orang yang tentu saja tidak memiliki hobi yang spesifik seperti “setiap minggu pergi tenis” atau “saya hobi berkuda”. Mungkin saja mereka hanya suka bermain smartphone sambil tidur-tiduran di atas kasur. Tapi bagaimana dengan pandangan orang Jepang yang menganggap hal tersebut adalah sebuah hal yang membuang waktu dan hanya dilakukan oleh pemalas?

Berbicara mengenai hobi merupakan salah satu cara untuk menunjukan daya tarik diri sendiri di mata orang lain menurut kebudayaan Jepang, sehingga tidak boleh sembarangan menjawabnya.

Jadi, jika seseorang memang tidak memiliki kesukaan untuk melakukan sesuatu yang spesifik, mereka biasa menjawabnya dengan hal yang setiap hari mereka lakukan, seperti karena setiap hari berjalan kaki ke kantor atau kampus, mereka akan mengatakan “jalan kaki” sebagai hal favorit mereka. Bagi orang yang mendengarnya, maka orang tersebut akan dianggap sebagai orang yang menjaga kesehatan.

Sehingga meskipun itu bukanlah sebuah hobi tapi kegiatan sehari-hari bisa menjadi solusi.

2. Apabila seseorang benar-benar tidak memiliki hobi

Ketika seseorang yang memang benar-benar tidak mempunyai hobi mungkin akan stress apabila ditanya tentang hobinya.

Kembali ke poin pertama, orang Jepang dapat mencari hal yang mereka sukai dan bermula dari kegiatan sehari-hari. Apakah dalam kegiatan tersebut ada bagian yang benar-benar disukai? Bagian mana yang benar-benar bisa menghilangkan stress? Contohnya bagi orang Jepang adalah berendam air panas, sehingga beberapa dari mereka sering menyebutkan bahwa hobinya adalah onsentabi atau pergi ke onsen. 

Dari sudut pandang mengenai kehidupan sehari-hari, pasti ada berbagai celah untuk menemukan sebuah hal yang disukai.

3. Hobi yang gampang dilakukan oleh orang yang tidak memiliki hobi

Berjalan kaki adalah jawaban yang paling populer diantara para remaja hingga masyarakat paruh baya. Namun berapa langkah yang dilakukan, seberapa jauh jarak tempuh yang dilalui perlu dicatat. Selain itu, kegiatan ini sangat bagus untuk kesehatan dan juga tidak memerlukan biaya.

Jadi apabila kalian ditanya oleh orang Jepang mengenai hobi dan kesulitan untuk menjawabnya cobalah menelaah kembali kehidupan sehari-hari kalian. Mungkin saja dari kegiatan-kegiatan tersebut kalian akan menyadari bahwa kalian memiliki banyak hal yang kalian sukai.

Ai
Wanderlust. Love to learn. About everything!
Share.

About Author

Ai

Wanderlust. Love to learn. About everything!

Leave A Reply